Teknik Informatika

Teknik Informatika

Widiastuti

Teknik Informatika
Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal


"Berani Hidup Harus Berani Mati"

Responsive Ads Here

Jumat, 03 November 2017

Aplikasi perkantoran


link download MK & Tugas klik disini
BAB I
PEMBAHASAN


A.                  Pengenalan Microsoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini.
Yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. icrosoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar,  penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak  ini  sangat membantu untuk  menyelesaikan permasalahan  administratif mulai  yang  paling  sedernaha  sampai  yang  lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang.

B.                   Kelebihan dan Kekurangan
Hadir dengan tambahan berbagai fasilitas sehingga lebih sempurna dibandingkan dengan versi sebelumnya. Fitur baru tersebut antara lain adalah desain jendela (interface) Excel, jumlah baris dan kolom lebih banyak, format file baru, penulisan formula lebih mudah.Office Themes dan Excel Styles, pengurutan dan penyaringan data didesain lebih canggih, tampilan grafik yang lebih variatif, PivotTable lebih mudah digunakan dan sebagainya. Perhatikan sebagian ilustrasi berikut ini,

1.    Jumlah kolom yang tersedia di Excel 2007 adalah 16.384 yang dimulai dari kolom A hingga berakhir di kolom XFD, versi sebelumnya hanya 256 kolom.  Serta baris dalam Excel 2007 sebanyak 1.048.576 yang dimulai dari baris 1 dan berakhir di baris 1.048.576, versi sebelumnya 65.536.
2.    Pada Excel 2003, jumlah sel sekitar 16 juta, tapi pada Excel 2007, jumlah sel mencapai 17 miliar.
3.  Memori yang digunakan di dalam komputer, saat ini dapat sampai batas maksimal yang berlaku di Microsoft Windows, sebelumnya hanya 1 megabyte.
4. Jumlah warna unik dalam sebuah workbook dapat mencapai 4.3 milyar, sebelumnya hanya56.
5.  Jumlah kondisi pada fasilitas format kondisional, Excel versi terbaru ini hanya dibatasi oleh kapasitas memori, sebelumnya hanya ada 3 kondisi.
6.    Jumlah level pada fasilitas Sort atau pengurutan data, saat ini sampai 64 level, bandingan dengan versi sebelumnya yang hanya 3 level.
7.  Jumlah daftar pada menu drop-down dalam fasilitas Filter bisa mencapai 10.000, sebelumnya hanya 1.000.
8.    Maksimal jumlah karakter dalam sebuah formula diperbolehkan sampai 8.000, sebelumnya hanya 1.000 karakter.
9.    Jumlah maksimal argumen pada fungsi, versi terbaru ini membolehkan sampai 255 argumen, sebelumnya hanya 30 argumen.
10. Maksimal jumlah item yang dihasilkan dari perintah Find, kini mencapai 2 Milyar, sebelumnya hanya 64.000.
11.  Jumlah baris yang diperbolehkan di dalam sebuah PivotTable, saat ini mencapai 1 Juta baris lebih, sebelumnya hanya 64.000.
12.  Jumlah kolom yang tersedia pada versi baru ini adalah 16.000 kolom, sebelumnya hanya 255 kolom.
13.   Jumlah field pada PivotTable dapat mencapai 16.000, sebelumnya 255.
14. Excel 2007 format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software  ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya.
15.  Dengan memanfaatkan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP, kita bisa mengkontrol identitas responden untuk keperluan transfer informasi antar tabel, antar sheet atau antar file excel.
16.  Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri. Ini sangat berguna, kecuali kita jago membuat syntax dan saya yakin banyak orang yang tidak hobby main syntax.

  Kelemahan tentu Ada dan ini menjadi perhatian extra untuk menjaga kualitas pengolahan data. Beberapa kelemahan Excel 2007 adalah:

1.    Pivot tabel yang menyertakan banyak kolom/pertanyaan menghasilkan tabel berupa crosstab atau nested atau tersarang, banyak orang belum mampu membuat tabel dalam 1 pivot yang stack atau berjajar. Jadi mau tidak mau membuat 2 tabel pivot untuk masing-masing pertanyaan/kolom. Kendalanya adalah kita harus memperhitungkan jumlah kategori jawaban yang akan ditabelkan, karena pivot otomatis akan menggunakan kolom dan baris baru ke samping/kebawah sehingga jika di samping atau dibawah ada tabel pivot lain, maka akan error.
2.    Untuk tabel yang besar dengan ukuran file lebih dari 10MB, maka setiap editing/updating data, maka secara default excel akan melakukan proses Workbook Calculating yang kecepatannya tergantung dari processor dan ram komputer. Ini cukup memakan waktu pengolahan data. Tetapi kendala ini bisa dipecahkan dengan mematikan proses calculating otomatis menjadi Calculating Manual artinya calculating akan dilakukan setiap kita akan save file excel tersebut. Cara ini cukup efektif dilakukan dengan resiko jika file tertutup tidak sengaja atau komputer mati tiba-tiba kita bisa kehilangan data kita. Caranya klik tombol office > Excel Options > Formulas > Calculation Options, pilih Manual dan Recalculate Workbook before saving.
3.    Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.

C.                  Istilah-istilah Dalam Microsoft Excel
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputiperhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data.Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks.Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi namabarang, jumlah barang dan perkiraan harga barang.  Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan.untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut di sampaikan pada paparan di bawah ini :

Istilah-istilah dalam Excel

1.    Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5.
2.    Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris
3.    Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256).
4.    Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah.Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6.
5.    Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.

 Berikut beberapa Fungsi yang sering digunakan:

1.    FungsiAverageFungsiinidigunakanuntuk mencari nilai rata-rata darisekumpulandata(range).Bentukumum Penulisannyaadalah=AVERAGE(number1,number2,…)dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya.
2.    Fungsi Logika IFFungsi ini digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu. Misalnya, jika nilai sel A1=1, maka hasilnya 2, jika tidak, maka akan bernilai 0. Biasanya fungsi ini dibantu oleh operatorrelasi(pembanding)sepertiberikut: Lambang     Fungsi =Sama dengan <Lebih kecil dari >Lebih besar dari <=Lebih kecil atau sama dengan>=Lebih besar atau sama dengan <>Tidak sama dengan.
3.    Fungsi MaxFungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah =MAX(number1,number2,…)dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya.
4.    Fungsi MinSama halnya dengan fungsi max, bedanya fungsi min digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data numerik.
5.    Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1,number2,…)Dimana number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan.
6.    Fungsi left digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu teks. Bentuk umum penulisannya adalah =LEFT(text,num_chars) Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kiri, num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil.
7.    Fungsi Middigunakan untuk mengambil sebagian karakter bagian tengah dari suatu teks. Bentuk umum pemakaian fungsi ini adalah =MID(text,start_num,num_chars)Artinya mengambil sejumlah karakter mulai dari start_num, sebanyak num_char.
8.    FungsiRight merupakan kebalikan dari fungsi left, kalau fungsi left mengambil sejumlah karakter dari sebelah kiri, maka fungsi mengambil sejumlahkarakterdari sebelah kanan teks.Bentuk umum penulisannya adalah =RIGHT(text,num_chars)Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kanan, num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil.
9.    Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca suatu tabel secara horizontal (VLOOKUP) atau secara vertikal (VLOOKUP).

Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah : =HLOOKUP(Lookup_value, Table_array, Row_index_num,…) =VLOOKUP(Lookup_value, Table_array, Col_index_num,…).

D.                  Fungsi Microsoft Excel
1.     Kalkulasi, dengan program ini kita bisa melakukan kalkulasi atau penghitungan dengan mudah, baik penghitungan yang sederhana maupun dengan rumus – rumus yang sangat kompleks.
2.    Grafik, dengan program ini kita bisa mempresentasikan data kita dalam bentuk grafik yang komunikatif.
3.    Komunikasi, dengan program ini kita juga bisa berkomunikasi dengan pengguna (user) lain.Program ini sudah dirancang untuk bisa saling bertukar informasi dalam bentuk jaringan dimana orang lain bisa membuka lembar kerja kita dari terminal (komputer) yang berlainan,bahkan ia juga bisa melakukan perubahan pada lembar kerja yang sama pada saat yang bersamaan pula.
4.    Internet,suatu saat mungkin kita akan mengirim data dalam bentuk tabel atau grafik pada orang lain di tempat di seluruh dunia,Microsoft Excel bisa melakukanya dengan baik sekali.
5.    Otomatis, dengan Excel kita bisa menggunakan otomatisasi penghitungan data yang kita ketikkan.Dengan perumusan yang benar,maka Excel akan langsung melakukan perubahan secara otomatis terhadap data kita setiap kali mengalami perubahan.
6.    Aplikasi, Microsoft Excel dapat membantu kita merancang aplikasi siap pakai,yaitu dengan fasilitas macro

E.                   Kegunaan Microsoft Excel
Microsoft Excel sudah taka sing dalam kehidupan kita sehari-harin. Microsoft Exceel memiliki banyak sekali fungsi antara lain :

1.    Membuat sebuah laporan keuangan
2.    Membuat daftar nilai
3.    Membuat daftar hadir
4.    Melakukan operasi kali, bagi, rerataan dengan cepat
5.    Menghitung Kurs Mata Uang
6.    Membuat Grafik dan Tabel dari suatu penghitungan
7.    Membuat diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran
8.    Membantu kita dalam menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
9.    Membuat presentasi jadi lebih praktis dan mudah
10.                        Menyajikan data secara tepat, rapi dan akurat

F.                   Fungsi Tools Pada Microsoft Excel

1.    1. Office Button


New : Untuk membuat dokumen baru
Open : Untuk membuka dokumen yang sudah tersimpan
Save : Untuk menyimpan dokumen
Save As : Untuk menyimpan dokumen dengan nama berbeda
Print : Untuk mencetak dokumen
Prepare : Untuk mengatur sheet
Send : Untuk mengirim sheet melalui pengiriman elektronik
Publish : Untuk melakukan pengaturan pendistribusian sheet
Close : Untuk menutup sheet yang sedang aktif












2.    Quick Access Toolbar

 



Save : untuk menyimpan file yang sudah selesai dikerjakan atau yang masih sedang dikerjakan.
Undo : untuk membatalkan perintah terakhir yang diberikan.
Redo :  untuk membatalkan redo.
New :untuk membuat lembar kerja yang baru.
Open : untuk membuka file atau dokemen yang pernah kita buat di Microsoft Excel.
E-mail : untuk mengirimkan dokumen kita melalui surat lektronik menggunakan jaringan internet ke alamat E-mail yang kita hendaki.
Quick Print : untuk mencetak dokumen ke printer secara cepat.
Print Preview : untuk melihat tampilan dokumen sebelum dicetak.
Sort Ascending : untuk mengurutkan data dari mulai yang terkecil sampai yang terbesar.
Sort Descending : untuk mengurutkan data dari mulai yang terbesar sampai yang terkecil.

3.     ControlMenu

Minimize :  mengecilkan tampilan window.
Maximize : memperbesar tampilan window.
Close    :  menutup program.






4.    Toolbar
 a.    Home


Clipboard
Paste : Menempelkan hasil perintah cut/copy yang ada di clipboard 
Cut : Memindahkan bagian yang ditandai ke clipboard 
Copy : Menyalin ke clipboard 
Format Painter : Melakukan copy format
Font 
Font Selection : Mengganti jenis huruf 
Font Size : Mengatur ukuran huruf 
Increase/Decrease Font : Menaikkan dan menurunkan ukuran font satu tingkat 
Bold, Italic, Underline : Menebalkan, memiringkan, menggarisbawahi teks 
Border : Membuat garis bingkai sel 
Fill : Mewarnai sel 
Color : Mewarnai huruf

Alignment
Vertical Alignment : Mengatur posisi teks secara vertikal pada sel. Atas, tengan, dan bawah 
Perataan teks : Mengatur perataan teks, kiri, tengah, dan kanan 
Indent : Menambah dan mengurangi inden teks 
Teks Orientation : Mengubah kemiringan teks 
Merge Cell : Menggabungkan sel 
Page Break : Mengatur pemisah halaman
Number 
Format Cell : Pengaturan jenis penulisan angka 
Currency : Format angka untuk mata uang 
Persen : Format angka persen 
Comma : Mengubah nilai koma ribuan 
Increase/Decrease Decimal : Menambah dan mengurangi nilai desimal
Style 
Conditional Formatting : Melakukan format terkondisi 
Format as Table : Membuat format tabel cepat 
Cell Styles : Membuat format sel secara cepat
Cells 
Insert : Memasukkan sel baru 
Delete : Menghapus sel 
Format : Melakukan format sel
Editing 
Sum : Melakukan penghitungan 
Fill : Membuat pola angka secara kontinu 
Clear : Menghapus semuanya dari sel, nilai, hingga format 
Sort & Filter : Mengatur data agar mudah dianalisis 
Find & Select : Mencari dan menyeleksi teks dalam lembar kerja

     b.    Insert



Tables 
Pivot Table : Memasukkan tabel pivot
Table : Memasukkan tabe 
Ilustrations 
Picture : Menambahkan gambar pada worksheet
Clip Art : Menambahkan gambar clipart pada worksheet
Shapes : Menambahkan gambar bentuk tertentu
Smart Art : Memasukkan objek smartart 
Chart 
Coloumn : Memasukkan grafik kolom
Line : Memasukkan grafik garis
Pie : Memasukkan grafik pie
Bar : Memasukkan grafik batang
Scatter : Memasukkan grafik distribus
Other Chart : Memasukkan grafik lainnya 
Link 
Hyperlink : Memasukkan hyperlink pada worksheet 
Text 
Textbox : Memasukkan kotak teks
Header & Footer : Memasukkan header dan footer
WordArt : Memasukkan teks dekoratif
Signature Line : Memasukkan garis tanda tangan
Object : Memasukkan objek
Symbol : Memasukkan simbol

     c.    Page layout


Themes 
Theme : Mengubah tema tampilan excel
Color : Mengubah warna tema
Font : Mengubah jenis font tema
Effect : Mengubah efek tema 
Page Setup 
Margin : Mengubah margin halaman
Orientation : Mengubah orientasi halaman
Size : Mengubah ukuran kertas
Print Area : Menentukan area tertentu untuk proses cetak
Breaks : Menentukan pemisah halaman
Background : Menentukan gambar untuk latar
Print Title : Menentukan baris atau kolom yang dicetak pada setiap halaman 
Scale to Fit 
Width : Menentukan lebar hasil cetak agar sesuai banyaknya kertas
Height : Menentukan tinggi hasil cetak agar sesuai banyaknya kertas
Scale : Memperbesar atau memperkecil hasil cetak sesuai persentase Ukuran
Sheet Option 
Gridlines : Mengatur tampilan garis grid di layar dan di hasil cetakan
Heading : Mengatur tampilan header di layar dan di hasil cetakan 
Arrange 
Bring to Front : Objek ke depan
Send to Back : Objek ke belakang
Selection Pane : Memperlihatkan panel seleksi objek
Align : Meluruskan objek
Group : Mengelompokkan objek
Rotate : Melakukan rotasi objek

     d.    Formulas


Function Library 
Insert Function : Memasukkan fungsi formula
Autosum : Melakukan penghitungan cepat
Recently Used : Memasukkan fungsi yang pernah digunakan
Financial : Memasukkan fungsi keuangan
Logical : Memasukkan fungsi logik
Text : Memasukkan fungsi teks
Date & Time : Memasukkan fungsi waktu
Lookup & Reference : Memasukkan fungsi lookup dan referensi
More Function : Memasukkan fungsi lainnya 
Defined Name 
Name Manager : Membuat, mengubah, dan mencari nama yang digunakan dalam workbook
Define Name : Memberikan nama bagi sel
Use in Formula : Memilih nama yang digunakan pada workbook dan menggunakannya pada formula
Create From Selection : Membuat nama sel secara otomatis 
Formula Auditing 
Trace Precedent : Memperlihatkan panah pada sel lain yang memengaruhi nilaisel ini
Trace Dependent : Memperlihatkan panah pada sel lain yang dipengaruhi nilaisel ini
Remove Arrows : Menghilangkan panas yang dibuat oleh tracer
Show Formulas : Memperlihatkan formula setiap sel
Error Checking : Memeriksa formula yang salah
Evaluate Formula : Memperlihatkan kotak dialog evaluasi formula
Watch Window : Mengawasi nilai beberapa sel saat dilakukan perubahan pada lembar kerja 
Calculation 
Calculation : Menentukan kapan kalkulasi dilakukan
Calculate Now : Melakukan kalkuasi semua workbook sekarang
Calculate Sheet : Melakukan kalkulasi sheet sekarang
  
                             e. Data

Get External Data 
From Access : Memasukkan data dari MS Access
From Web : Memasukkan data dari web
From Text : Memasukkan data dari teks
From Other Sources : Memasukkan data dari sumber lain
Existing Connection : Memasukkan data dari sumber yang pernah digunakan 
Connections 
Refresh All : Menyegarkan kembali data yang diambil dari sumber
Connection : Memperlihatkan semua koneksi data pada workbook
Properties : Melakukan spesifikasi koneksi data pada workbook
Edit Link : Mengatur koneksi data dari file lain 
Sort & Filter 
Sort A to Z : Mengurutkan data dari yang terkecil ke terbesar
Sort Z to A : Mengurutkan data dari yang terbesar ke terkecil
Sort : Memunculkan kotak dialog pengurutan
Filter : Melakukan penyaringan terhadap sel
Clear : Menghapus penyaringan pada sel
Reapply : Melakukan kembali penyaringan
Advanced : Melakukan penyaringan spesifik 
Data Tools 
Text to Coloumn : Memisahkan isi sel menjadi beberapa kolom
Remove Duplicates : Menghilangkan baris terduplikasi
Data Validation : Mencegah data yang tidak valid masuk ke sel
Consolidation : Menyatukan nilai beberapa range ke dalam satu range
What-If Analysis : Mencoba beberapa nilai pada formula 
Outline 
Group : Mengelompokkan baris sel sehingga mereka dapat memendekdan memanjang
Ungroup : Memisahkan sel yang mengelompok
Subtotal : Menghitung total beberapa baris data yang berhubungan

5.    Review


Proofing 
Spelling : Memeriksa ejaan teks
Research : Membuka panel penelitian referensi
Thesaurus : Saran kata yang sepadan
Translate : Menerjemahkan kata ke bahasa lain 
Comments 
Comment : Memasukkan komentar baru
Delete : Menghapus komentar
Previous : Memperlihatkan komentar sebelumnya
Next : Memperlihatkan komentar selanjutnya
Show/Hide Comment : Memperlihatkan atau menyembunyikan komentar
Show All Comments : Perlihatkan semua komentar
Show Ink : Memperlihatkan keterangan tinta pada lembar kerja 
Changes 
Protect Sheet : Melindungi lembar kerja
Protect Workbook : Melindungi buku kerja
Share Workbook : Berbagi buku kerja
Protect and Share Workbook : Melindungi dan berbagi buku kerja
Allow Users to Edit Ranges : Memperbolehkan pengguna mengubah data
Track Changes : Menelusuri perubahan yang terjadi pada dokumen

6.    View


Workbook Views 
Normal : Melihat dokumen secara normal
Page Layout : Melihat dokumen sesuai hasil cetak
Page Break Preview : Melihat tampilan dokumen beserta pemotongan setiaphalaman
Custom Views : Menyimpan seting tampilan dan hasil cetak
Full Screen : Melihat dokumen dalam mode layar penuh 
Show/Hide 
Ruler, Gridlines, Message Bar, Formula Bar, Heading : Memperlihatkan penggaris, garis kisi, batang pesan,batang formula, dan heading 
Zoom 
Zoom : Memperbesar tampilan100% : Besar tampilan 100%
Zoom to Selection : Memperbesar tampilan sesuai bidang seleksi 




BABII
PENUTUP


A.                  Kesimpulan
         Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif. Kita juga bisa membuat Header dan Footer pada lembaran kita, dan juga kita bisa membuat sebuah grafikdataotomatis. Dengan Microsoft excel akan memudahkan kita dalam mengerjakan lembar kerja yang memerlukan berbagai perhitungan dalam Matematika.

B.                   Saran
          Makalah Microsoft Excel ini masih jauh dari kesempurnaan. Karena itu ,saya menerima kritikan, masukan, dan saran seputar materi yang disajikan dalam makalah ini. saya harap, segala saran dan masukan akan menjadi pengayaan untuk membuat makalah selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar