link download MK & Tugas klik disini
BAB I
PEMBAHASAN
A.
Pengenalan Microsoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah
merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang
paling populer dan paling banyak digunakan saat ini.
Yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft
Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini
memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan
strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai
salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro
hingga saat ini. icrosoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data
secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi,
pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu
untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai
yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks.
Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang
meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang.
B.
Kelebihan dan Kekurangan
Hadir dengan
tambahan berbagai fasilitas sehingga lebih sempurna dibandingkan dengan versi
sebelumnya. Fitur baru tersebut antara lain adalah desain jendela (interface)
Excel, jumlah baris dan kolom lebih banyak, format file baru, penulisan formula
lebih mudah.Office Themes dan Excel Styles, pengurutan dan penyaringan data
didesain lebih canggih, tampilan grafik yang lebih variatif, PivotTable lebih
mudah digunakan dan sebagainya. Perhatikan sebagian ilustrasi berikut ini,
1.
Jumlah kolom
yang tersedia di Excel 2007 adalah 16.384 yang dimulai dari kolom A hingga
berakhir di kolom XFD, versi sebelumnya hanya 256 kolom. Serta baris
dalam Excel 2007 sebanyak 1.048.576 yang dimulai dari baris 1 dan berakhir di
baris 1.048.576, versi sebelumnya 65.536.
2.
Pada Excel
2003, jumlah sel sekitar 16 juta, tapi pada Excel 2007, jumlah sel mencapai 17
miliar.
3.
Memori yang
digunakan di dalam komputer, saat ini dapat sampai batas maksimal yang berlaku
di Microsoft Windows, sebelumnya hanya 1 megabyte.
4. Jumlah warna
unik dalam sebuah workbook dapat mencapai 4.3 milyar, sebelumnya hanya56.
5.
Jumlah
kondisi pada fasilitas format kondisional, Excel versi terbaru ini hanya
dibatasi oleh kapasitas memori, sebelumnya hanya ada 3 kondisi.
6.
Jumlah level
pada fasilitas Sort atau pengurutan data, saat ini sampai 64 level, bandingan
dengan versi sebelumnya yang hanya 3 level.
7. Jumlah
daftar pada menu drop-down dalam fasilitas Filter bisa mencapai 10.000,
sebelumnya hanya 1.000.
8.
Maksimal
jumlah karakter dalam sebuah formula diperbolehkan sampai 8.000, sebelumnya
hanya 1.000 karakter.
9.
Jumlah
maksimal argumen pada fungsi, versi terbaru ini membolehkan sampai 255 argumen,
sebelumnya hanya 30 argumen.
10. Maksimal
jumlah item yang dihasilkan dari perintah Find, kini mencapai 2 Milyar,
sebelumnya hanya 64.000.
11.
Jumlah baris
yang diperbolehkan di dalam sebuah PivotTable, saat ini mencapai 1 Juta baris
lebih, sebelumnya hanya 64.000.
12. Jumlah kolom
yang tersedia pada versi baru ini adalah 16.000 kolom, sebelumnya hanya 255
kolom.
13.
Jumlah field
pada PivotTable dapat mencapai 16.000, sebelumnya 255.
14. Excel 2007
format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar
software ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain
yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari
excel ke software statistik lainnya.
15. Dengan
memanfaatkan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP, kita bisa mengkontrol identitas
responden untuk keperluan transfer informasi antar tabel, antar sheet atau
antar file excel.
16. Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja
lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat
dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot
table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri. Ini sangat
berguna, kecuali kita jago membuat syntax dan saya yakin banyak orang yang
tidak hobby main syntax.
Kelemahan tentu Ada dan ini menjadi
perhatian extra untuk menjaga kualitas pengolahan data. Beberapa kelemahan
Excel 2007 adalah:
1.
Pivot tabel
yang menyertakan banyak kolom/pertanyaan menghasilkan tabel berupa crosstab
atau nested atau tersarang, banyak orang belum mampu membuat tabel dalam 1
pivot yang stack atau berjajar. Jadi mau tidak mau membuat 2 tabel pivot untuk
masing-masing pertanyaan/kolom. Kendalanya adalah kita harus memperhitungkan
jumlah kategori jawaban yang akan ditabelkan, karena pivot otomatis akan
menggunakan kolom dan baris baru ke samping/kebawah sehingga jika di samping
atau dibawah ada tabel pivot lain, maka akan error.
2.
Untuk tabel
yang besar dengan ukuran file lebih dari 10MB, maka setiap editing/updating
data, maka secara default excel akan melakukan proses Workbook Calculating yang
kecepatannya tergantung dari processor dan ram komputer. Ini cukup memakan
waktu pengolahan data. Tetapi kendala ini bisa dipecahkan dengan mematikan
proses calculating otomatis menjadi Calculating Manual artinya calculating akan
dilakukan setiap kita akan save file excel tersebut. Cara ini cukup efektif
dilakukan dengan resiko jika file tertutup tidak sengaja atau komputer mati
tiba-tiba kita bisa kehilangan data kita. Caranya klik tombol office > Excel
Options > Formulas > Calculation Options, pilih Manual dan Recalculate
Workbook before saving.
3. Untuk membuat kolom baru yang berisi
pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter
responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun
text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita
dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.
C.
Istilah-istilah Dalam Microsoft Excel
Microsoft
Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis
meliputiperhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan
manajemen data.Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan
permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih
kompleks.Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan
barang meliputi namabarang, jumlah barang dan perkiraan harga barang.
Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan
(general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan
menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis
ataupun logika pada sebuah laporan.untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut
di sampaikan pada paparan di bawah ini :
Istilah-istilah dalam Excel
1.
Cell :
merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter
(max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh :
cell A3, cell D5.
2.
Worksheet
(lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris
3.
Workbook
(buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai
sheet 256).
4.
Range :
merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda
jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas
sampai cell sudut kanan bawah.Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai
cell D6.
5. Alamat Relatif : merupakan alamat
yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy
ke cell lain.
Berikut beberapa Fungsi yang sering digunakan:
1.
FungsiAverageFungsiinidigunakanuntuk
mencari nilai rata-rata darisekumpulandata(range).Bentukumum Penulisannyaadalah=AVERAGE(number1,number2,…)dimana
number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai
rata-ratanya.
2.
Fungsi
Logika IFFungsi ini digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi
tertentu. Misalnya, jika nilai sel A1=1, maka hasilnya 2, jika tidak, maka akan
bernilai 0. Biasanya fungsi ini dibantu oleh
operatorrelasi(pembanding)sepertiberikut: Lambang Fungsi =Sama
dengan <Lebih kecil dari >Lebih besar dari <=Lebih kecil atau sama
dengan>=Lebih besar atau sama dengan <>Tidak sama dengan.
3.
Fungsi
MaxFungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data
(range). Bentuk umum penulisannya adalah =MAX(number1,number2,…)dimana number1,
number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai
tertingginya.
4.
Fungsi
MinSama halnya dengan fungsi max, bedanya fungsi min digunakan untuk mencari
nilai terendah dari sekumpulan data numerik.
5.
Fungsi SUM
digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk umum
penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1,number2,…)Dimana number1, number2 dan
seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan.
6.
Fungsi left
digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu teks.
Bentuk umum penulisannya adalah =LEFT(text,num_chars) Dimana text adalah data
yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kiri, num_chars adalah
jumlah karakter yang akan diambil.
7.
Fungsi Middigunakan
untuk mengambil sebagian karakter bagian tengah dari suatu teks. Bentuk umum
pemakaian fungsi ini adalah =MID(text,start_num,num_chars)Artinya mengambil
sejumlah karakter mulai dari start_num, sebanyak num_char.
8.
FungsiRight
merupakan kebalikan dari fungsi left, kalau fungsi left mengambil sejumlah
karakter dari sebelah kiri, maka fungsi mengambil sejumlahkarakterdari sebelah
kanan teks.Bentuk umum penulisannya adalah =RIGHT(text,num_chars)Dimana text
adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kanan,
num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil.
9.
Fungsi
HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca suatu tabel secara horizontal
(VLOOKUP) atau secara vertikal (VLOOKUP).
Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah
: =HLOOKUP(Lookup_value, Table_array, Row_index_num,…) =VLOOKUP(Lookup_value,
Table_array, Col_index_num,…).
D.
Fungsi Microsoft Excel
1. Kalkulasi,
dengan program ini kita bisa melakukan kalkulasi atau penghitungan dengan
mudah, baik penghitungan yang sederhana maupun dengan rumus – rumus yang sangat
kompleks.
2. Grafik, dengan program ini kita bisa mempresentasikan
data kita dalam bentuk grafik yang komunikatif.
3. Komunikasi, dengan program ini kita juga bisa
berkomunikasi dengan pengguna (user) lain.Program ini sudah dirancang untuk
bisa saling bertukar informasi dalam bentuk jaringan dimana orang lain bisa
membuka lembar kerja kita dari terminal (komputer) yang berlainan,bahkan ia
juga bisa melakukan perubahan pada lembar kerja yang sama pada saat yang
bersamaan pula.
4. Internet,suatu saat mungkin kita akan mengirim data
dalam bentuk tabel atau grafik pada orang lain di tempat di seluruh dunia,Microsoft
Excel bisa melakukanya dengan baik sekali.
5. Otomatis, dengan Excel kita bisa menggunakan
otomatisasi penghitungan data yang kita ketikkan.Dengan perumusan yang
benar,maka Excel akan langsung melakukan perubahan secara otomatis terhadap
data kita setiap kali mengalami perubahan.
6. Aplikasi, Microsoft Excel dapat membantu kita
merancang aplikasi siap pakai,yaitu dengan fasilitas macro
E.
Kegunaan Microsoft Excel
Microsoft Excel sudah taka sing dalam kehidupan kita
sehari-harin. Microsoft Exceel memiliki banyak sekali fungsi antara lain :
1. Membuat sebuah laporan keuangan
2. Membuat daftar nilai
3. Membuat daftar hadir
4. Melakukan operasi kali, bagi, rerataan dengan cepat
5. Menghitung Kurs Mata Uang
6. Membuat Grafik dan Tabel dari suatu penghitungan
7. Membuat diagram batang, diagram garis, dan diagram
lingkaran
8. Membantu kita dalam menyelesaikan soal-soal logika dan
matematika
9. Membuat presentasi jadi lebih praktis dan mudah
10.
Menyajikan data
secara tepat, rapi dan akurat
F.
Fungsi Tools Pada Microsoft Excel
1. 1. Office Button
Open : Untuk membuka dokumen yang sudah tersimpan
Save : Untuk menyimpan dokumen
Save As : Untuk menyimpan dokumen dengan nama berbeda
Print : Untuk mencetak dokumen
Prepare : Untuk mengatur sheet
Send : Untuk mengirim sheet melalui pengiriman
elektronik
Publish : Untuk melakukan pengaturan pendistribusian
sheet
Close : Untuk menutup sheet yang sedang aktif
2. Quick Access Toolbar
Save : untuk menyimpan file yang sudah selesai
dikerjakan atau yang masih sedang dikerjakan.
Undo : untuk membatalkan perintah terakhir yang
diberikan.
Redo : untuk
membatalkan redo.
New :untuk membuat lembar kerja yang baru.
Open : untuk membuka file atau dokemen yang pernah
kita buat di Microsoft Excel.
E-mail : untuk mengirimkan dokumen kita melalui surat
lektronik menggunakan jaringan internet ke alamat E-mail yang kita hendaki.
Quick Print : untuk mencetak dokumen ke printer secara
cepat.
Print Preview : untuk melihat tampilan dokumen sebelum
dicetak.
Sort Ascending : untuk mengurutkan data dari mulai
yang terkecil sampai yang terbesar.
Sort Descending : untuk mengurutkan data dari mulai
yang terbesar sampai yang terkecil.
3. ControlMenu
Minimize : mengecilkan tampilan window.
Maximize : memperbesar tampilan window.
Close : menutup program.
4. Toolbar
a. Home
Clipboard
Paste : Menempelkan hasil perintah cut/copy yang ada
di clipboard
Cut : Memindahkan bagian yang ditandai ke
clipboard
Copy : Menyalin ke clipboard
Format Painter : Melakukan copy format
Font
Font Selection : Mengganti jenis huruf
Font Size : Mengatur ukuran huruf
Increase/Decrease Font : Menaikkan dan menurunkan
ukuran font satu tingkat
Bold, Italic, Underline : Menebalkan, memiringkan,
menggarisbawahi teks
Border : Membuat garis bingkai sel
Fill : Mewarnai sel
Color : Mewarnai huruf
Alignment
Vertical Alignment : Mengatur posisi teks secara vertikal
pada sel. Atas, tengan, dan bawah
Perataan teks : Mengatur perataan teks, kiri, tengah,
dan kanan
Indent : Menambah dan mengurangi inden teks
Teks Orientation : Mengubah kemiringan teks
Merge Cell : Menggabungkan sel
Page Break : Mengatur pemisah halaman
Number
Format Cell : Pengaturan jenis penulisan angka
Currency : Format angka untuk mata uang
Persen : Format angka persen
Comma : Mengubah nilai koma ribuan
Increase/Decrease Decimal : Menambah dan mengurangi
nilai desimal
Style
Conditional Formatting : Melakukan format
terkondisi
Format as Table : Membuat format tabel cepat
Cell Styles : Membuat format sel secara cepat
Cells
Insert : Memasukkan sel baru
Delete : Menghapus sel
Format : Melakukan format sel
Editing
Sum : Melakukan penghitungan
Fill : Membuat pola angka secara kontinu
Clear : Menghapus semuanya dari sel, nilai, hingga
format
Sort & Filter : Mengatur data agar mudah
dianalisis
Find & Select : Mencari dan menyeleksi teks dalam
lembar kerja
b. Insert
Tables
Pivot Table : Memasukkan tabel pivot
Table : Memasukkan tabe
Ilustrations
Picture : Menambahkan gambar pada worksheet
Clip Art : Menambahkan gambar clipart pada worksheet
Shapes : Menambahkan gambar bentuk tertentu
Smart Art : Memasukkan objek smartart
Chart
Coloumn : Memasukkan grafik kolom
Line : Memasukkan grafik garis
Pie : Memasukkan grafik pie
Bar : Memasukkan grafik batang
Scatter : Memasukkan grafik distribus
Other Chart : Memasukkan grafik lainnya
Link
Hyperlink : Memasukkan hyperlink pada worksheet
Text
Textbox : Memasukkan kotak teks
Header & Footer : Memasukkan header dan footer
WordArt : Memasukkan teks dekoratif
Signature Line : Memasukkan garis tanda tangan
Object : Memasukkan objek
Symbol : Memasukkan simbol
c. Page layout
Themes
Theme : Mengubah tema tampilan excel
Color : Mengubah warna tema
Font : Mengubah jenis font tema
Effect : Mengubah efek tema
Page Setup
Margin : Mengubah margin halaman
Orientation : Mengubah orientasi halaman
Size : Mengubah ukuran kertas
Print Area : Menentukan area tertentu untuk proses
cetak
Breaks : Menentukan pemisah halaman
Background : Menentukan gambar untuk latar
Print Title : Menentukan baris atau kolom yang dicetak
pada setiap halaman
Scale to Fit
Width : Menentukan lebar hasil cetak agar sesuai
banyaknya kertas
Height : Menentukan tinggi hasil cetak agar sesuai
banyaknya kertas
Scale : Memperbesar atau memperkecil hasil cetak
sesuai persentase Ukuran
Sheet Option
Gridlines : Mengatur tampilan garis grid di layar dan
di hasil cetakan
Heading : Mengatur tampilan header di layar dan di
hasil cetakan
Arrange
Bring to Front : Objek ke depan
Send to Back : Objek ke belakang
Selection Pane : Memperlihatkan panel seleksi objek
Align : Meluruskan objek
Group : Mengelompokkan objek
Rotate : Melakukan rotasi objek
d. Formulas
Function Library
Insert Function : Memasukkan fungsi formula
Autosum : Melakukan penghitungan cepat
Recently Used : Memasukkan fungsi yang pernah
digunakan
Financial : Memasukkan fungsi keuangan
Logical : Memasukkan fungsi logik
Text : Memasukkan fungsi teks
Date & Time : Memasukkan fungsi waktu
Lookup & Reference : Memasukkan fungsi lookup dan
referensi
More Function : Memasukkan fungsi lainnya
Defined Name
Name Manager : Membuat, mengubah, dan mencari nama
yang digunakan dalam workbook
Define Name : Memberikan nama bagi sel
Use in Formula : Memilih nama yang digunakan pada
workbook dan menggunakannya pada formula
Create From Selection : Membuat nama sel secara
otomatis
Formula Auditing
Trace Precedent : Memperlihatkan panah pada sel lain
yang memengaruhi nilaisel ini
Trace Dependent : Memperlihatkan panah pada sel lain
yang dipengaruhi nilaisel ini
Remove Arrows : Menghilangkan panas yang dibuat oleh
tracer
Show Formulas : Memperlihatkan formula setiap sel
Error Checking : Memeriksa formula yang salah
Evaluate Formula : Memperlihatkan kotak dialog evaluasi
formula
Watch Window : Mengawasi nilai beberapa sel saat
dilakukan perubahan pada lembar kerja
Calculation
Calculation : Menentukan kapan kalkulasi dilakukan
Calculate Now : Melakukan kalkuasi semua workbook
sekarang
Calculate Sheet : Melakukan kalkulasi sheet sekarang
e. Data
Get External Data
From Access : Memasukkan data dari MS Access
From Web : Memasukkan data dari web
From Text : Memasukkan data dari teks
From Other Sources : Memasukkan data dari sumber lain
Existing Connection : Memasukkan data dari sumber yang
pernah digunakan
Connections
Refresh All : Menyegarkan kembali data yang diambil
dari sumber
Connection : Memperlihatkan semua koneksi data pada
workbook
Properties : Melakukan spesifikasi koneksi data pada workbook
Edit Link : Mengatur koneksi data dari file lain
Sort & Filter
Sort A to Z : Mengurutkan data dari yang terkecil ke
terbesar
Sort Z to A : Mengurutkan data dari yang terbesar ke
terkecil
Sort : Memunculkan kotak dialog pengurutan
Filter : Melakukan penyaringan terhadap sel
Clear : Menghapus penyaringan pada sel
Reapply : Melakukan kembali penyaringan
Advanced : Melakukan penyaringan spesifik
Data Tools
Text to Coloumn : Memisahkan isi sel menjadi beberapa
kolom
Remove Duplicates : Menghilangkan baris terduplikasi
Data Validation : Mencegah data yang tidak valid masuk
ke sel
Consolidation : Menyatukan nilai beberapa range ke
dalam satu range
What-If Analysis : Mencoba beberapa nilai pada formula
Outline
Group : Mengelompokkan baris sel sehingga mereka dapat
memendekdan memanjang
Ungroup : Memisahkan sel yang mengelompok
Subtotal : Menghitung total beberapa baris data yang
berhubungan
5. Review
Proofing
Spelling : Memeriksa ejaan teks
Research : Membuka panel penelitian referensi
Thesaurus : Saran kata yang sepadan
Translate : Menerjemahkan kata ke bahasa lain
Comments
Comment : Memasukkan komentar baru
Delete : Menghapus komentar
Previous : Memperlihatkan komentar sebelumnya
Next : Memperlihatkan komentar selanjutnya
Show/Hide Comment : Memperlihatkan atau menyembunyikan
komentar
Show All Comments : Perlihatkan semua komentar
Show Ink : Memperlihatkan keterangan tinta pada lembar
kerja
Changes
Protect Sheet : Melindungi lembar kerja
Protect Workbook : Melindungi buku kerja
Share Workbook : Berbagi buku kerja
Protect and Share Workbook : Melindungi dan berbagi
buku kerja
Allow Users to Edit Ranges : Memperbolehkan pengguna
mengubah data
Track Changes : Menelusuri perubahan yang terjadi pada
dokumen
6. View
Workbook Views
Normal : Melihat dokumen secara normal
Page Layout : Melihat dokumen sesuai hasil cetak
Page Break Preview : Melihat tampilan dokumen beserta
pemotongan setiaphalaman
Custom Views : Menyimpan seting tampilan dan hasil
cetak
Full Screen : Melihat dokumen dalam mode layar penuh
Show/Hide
Ruler, Gridlines, Message Bar, Formula Bar, Heading :
Memperlihatkan penggaris, garis kisi, batang pesan,batang formula, dan heading
Zoom : Memperbesar tampilan100% : Besar tampilan 100%
Zoom to Selection : Memperbesar tampilan sesuai bidang
seleksi
BABII
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Microsoft Excel atau Microsoft Office
Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan
didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft
Windows dan Mac OS.Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik
yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif. Kita
juga bisa membuat Header dan Footer pada lembaran kita, dan juga kita bisa
membuat sebuah grafikdataotomatis. Dengan Microsoft excel akan
memudahkan kita dalam mengerjakan lembar kerja yang memerlukan berbagai
perhitungan dalam Matematika.
B.
Saran
Makalah Microsoft Excel ini masih
jauh dari kesempurnaan. Karena itu ,saya menerima kritikan, masukan, dan saran
seputar materi yang disajikan dalam makalah ini. saya harap, segala saran dan
masukan akan menjadi pengayaan untuk membuat makalah selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar